08119322626/27   gapmmi@cbn.net.id  

×

Pentingnya Kontrol Alergen Pada Produk Pangan

Pentingnya Kontrol Alergen pada Produk Pangan

Alergi pangan merupakan sindrom klinis yang dihasilkan dari sensitivitas individu terhadap protein pangan atau alergen pangan lain yang ada dalam lumen usus. Lebih dari  90% alergi pangan disebabkan oleh  alergen umum antara lain telur, kacang-kacangan, susu sapi, kedelai, ikan atau gandum. 

Prevalensi alergi pangan sering terjadi pada masa kanak-kanak dan kejadian tertinggi terjadi pada tahun pertama kehidupan. Sebagai salah satu produsen pangan, industri perlu secara serius menanggapi hal tersebut. Memastikan bahwa tidak adanya alergen pada produk yang diproduksi menjadi jaminan akan keamanan pada konsumen. 

Di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Uni Eropa, Australia, Jepang ,dan Cina, industri pangan menerapkan sistem pelabelan yang secara khusus menetapkan informasi alergen harus dicantumkan untuk mengurangi risiko alergi pada konsumen. Namun, beberapa komponen pada produk pangan juga sulit untuk diidentifikasi sumber alergennya atau tersembunyi. Untuk itu, beberapa penelitian dan pengembangan untuk mengurangi maupun menghilangkan alergen pada produk pangan terus diupayakan. 

Lebih lengkapnya terkait regulasi, risiko, serta cara pengontrolannya, dapat disimak lebih jauh dalam FOODREVIEW Indonesia Webinar - Food Allergens: Regulations, Risks, and Controls yang akan diselenggarakan pada Selasa, 25 Mei 2021 pukul 12.45-16.15 WIB secara virtual melalui Zoom, dengan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, serta moderator acara yakni Pengurus GAPMMI Yunawati Gandasasmita. FRI-35