08119322626/27   gapmmi@cbn.net.id  

×

GAPMMI Dukung Inisiasi Kementerian Perindustrian pada Program Vaksinasi di Sektor Industri Pangan

GAPMMI Dukung Inisiasi Kementerian Perindustrian pada Program Vaksinasi di Sektor Industri Pangan

Kementerian Perindustrian dan Kementerian Kesehatan bekerja sama melaksanakan

program vaksinasi untuk pelaku industri dan tenaga kerja industri. Tahap awal vaksinasi dilakukan di sektor industri pangan di wilayah Jawa-Bali, dengan target sasaran 5 juta pekerja, yang dimulai dari bulan Juli sampai Oktober 2021. Pelaksanaan vaksinasi bagi sektor ini diharapkan dapat melindungi para pekerja dari COVID-19 dan mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional, sehingga dapat mewujudkan “Industri Tangguh, Indonesia Maju”. Pelaksanaan program vaksinasi Kementerian Perindustrian dimulai pada 28-29 Juli 2021. Berlokasi di pabrik PT Santosa Jaya Abadi, Kawasan Industri Surya Cipta, Karawang Jawa Barat
yang merupakan salah satu anggota GAPMMI. Berikutnya pada 30-31 Juli 2021 di President University, Kawasan Industri Jababeka, dan pada 2-3 Agustus di Karawang, serta akan berlanjut di beberapa wilayah di seluruh Indonesia.


Selain mengawasi pelaksanaan vaksinasi di kawasan industri, Kementerian Perindustrian juga terus menekankan agar industri tetap disiplin dan ketat dalam melaksanakan protokol kesehatan sesuai dengan Surat Edaran Menteri Perindustrian No. 3 Tahun 2021 tentang Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri pada Masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat COVID-19 di kawasan industri.  Perusahaan industri dan perusahaan kawasan industri yang telah memiliki izin operasional dan mobilitas kegiatan industri (IOMKI) wajib menyampaikan laporan pelaksanaan operasional dan mobilitas kegiatan industri secara berkala 2 (dua) kali dalam 1 (satu) minggu, pada hari Selasa dan Jumat secara elektronik melalui portal

Sistem Informasi Industri Nasional/ SIINas (http://siinas.kementerian perindustrian.go.id).

Pada aturan tersebut perusahaan industri dan perusahaan kawasan industri yang memiliki IOMKI wajib melaksanakan protokol kesehatan COVID-19 di lingkungan perusahaannya yang paling sedikit memenuhi ketentuan sebagai berikut antara lain, (i) manajemen/pimpinan perusahaan membentuk satuan tugas COVID-19 di lingkungan pabrik/perusahaan dan berkoordinasi dengan satuan tugas COVID-19 pemerintah daerah setempat, (ii) menyediakan fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan di lingkungan pabrik/ perusahaan dan/atau bekerja sama dengan fasilitas pelayanan kesehatan, (iii) menyusun panduan pengaturan masuk dan pulang kerja, pergantian shift, istirahat, kegiatan ibadah, makan, dan aktivitas lain yang dapat menimbulkan kerumunan di lingkungan pabrik/perusahaan, dan (iv) melakukan upaya pencegahan dan penangan penyebaran COVID-19 di lingkungan pabrik/perusahaan.

Ketua Umum GAPMMI, Adhi S. Lukman mengapreasisi inistiatif Kementerian Perindustrian untuk program vaksinasi industri terutama industri pangan. “Industri pangan merupakan salah satu industri yang sangat penting untuk menunjang kebutuhan masyarakat sehari-hari. Oleh karenanya penting untuk memastikan pekerja industri sektor ini dapat terlindungi sehingga tetap produktif sehingga kebutuhan masyarakat tercukupi”. Tambah Adhi. Kementerian Perindustrian juga telah mengadakan Sosalisasi Updating IOMKI sehubungan dengan telah diterbitkannya Surat Edaran Menteri Perindustrian Nomor 3 Tahun 2021 tentang Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri Pada Masa Kedaruratan Masyarakat COVID-19. Rekaman dapat disaksikan melalui:

https://youtu.be/6WU_UFzeJ0E (semua sektor industri) dan

https://youtu.be/p4GwH5cT3io (khusus sektor industri kimia, farmasi dan tekstil). Fri-27