08119322626/27   gapmmi@cbn.net.id  

×

BSKJI Sukses Gelar Indonesia 4.0 Conference and Expo 2021 – Virtual Edition

BSKJI Sukses Gelar Indonesia 4.0 Conference and Expo 2021 – Virtual Edition

Kemenperin melalui Badan Standarisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) berkolaborasi dengan Federasi Teknologi Informasi Indonesia (FTII) dan PT Naganaya Indonesia menyelenggarakan Indonesia 4.0 Conference and Expo 2021 – Virtual Edition pada tanggal 18–20 Agustus 2021. Seluruh stakeholder industri di Indonesia termasuk 120 lebih perusahaan ternama penyedia teknologi dan solusi, di antaranya Amazon Web Service, Schneider Electric, Siemens Indonesia, Microsoft, PT. Pegadaian, Dassault Systems, dan Telkomsel IoT bersama dengan 40 lebih pembicara nasional maupun internasional, 25 startup teknologi anak bangsa, 12 asosiasi pendukung serta 7 universitas akan dipertemukan selama 3 hari, untuk berdiskusi, menjajaki peluang baru, bertukar pikiran, membangun koneksi, serta memamerkan produk dan jasa unggulan mereka, sebagai bentuk dukungan penuh terhadap percepatan transformasi industri 4.0 di Indonesia.

 

Selain mendukung kegiatan ini, GAPMMI juga menjadi salah satu panelis dalam conference. Puncak acara ulang tahun IJBnet ketiga ini dijadwalkan akan dilakukan secara online dengan thema“Siap Bersinergi dan Berkontribusi Mempercepat Pemulihan Ekonomi Indonesia-Jepang”. Pada peringatan ulang tahun ke-3 ini, ada tiga pembicara utama, yaitu Airlangga Hartarto (Menko Perekonomian RI), H. E. Kenji Kanasugi (Duta Besar Jepang untuk RI) dan Heri Akhmadi (Duta Besar RI untuk Jepang). Selain itu, IJBNet akan menggelar diskusi panel dengan menghadirkan para pemangku kepentingan, pakar dan praktisi. Adapun Topiknya adalah: Topik 1: Ekspor produk makanan-minuman ke Jepang, Topik 2: Ekspor produk energi dan lainnya ke Jepang, Topik 3: Adopsi teknologi aplikatif dari Jepang dan lainnya, dan Topik 4: Pengembangan SDM (untuk di Indonesia dan Jepang).

 

Diskusi dihadiri oleh Warih Andang Tjahjono (Presiden Direktur TMMIN/ Toyota Motor Manufacturing Indonesia; Penasehat IJBNet), Dahlan Iskan (Menteri BUMN RI ke-7, Chairman of Jawa Pos Group & Pembina IJBNet), Prof. Dr. Bambang Rudyanto (Guru Besar Wako Univ. Tokyo; Ketua IJBNet Jepang & Indonesia Center of Excellence), Mr. Shunichi Shimada (General Manager of K-RIP), Adhi S. Lukman (Ketua Umum GAPMMI/Gabungan Pengusaha Makanan Minuman Indonesia), Hyanto Wihadhi (Direktur PT. Jababeka Tbk.), Teguh Wahyudi (CEO Sariraya Co. Ltd. Japan/ Buyer Halal Foods di Jepang; Waketum IJBNet), Jefri R. Sirait (Ketua Umum AMVESINDO/ Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia), Fernanda Reza Muhammad (Tenaga Ahli Export Center Surabaya/ Kementerian Perdagangan RI; Waketum IJBNet). Pada akhirnya semua kegiatan yang dilakukan diharapkan dapat meningkatkan kerjasama Indonesia – Jepang yang saling menguntungkan dan dapat membantu pemulihan ekonomi kedua negara ditengah pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia saat ini.