08119322626/27   gapmmi@cbn.net.id  

×

Perkembangan Regulasi Ekspor Produk Pangan ke China

Perkembangan Regulasi Ekspor Produk Pangan ke China

Praktik ekspor sangatlah kompleks. Ada banyak hal yang perlu dipenuhi sebelum berhasil

melakukan ekspor. Salah satunya terkait dengan regulasi. Sehubungan adanya notifikasi World Trade Organization (WTO) tentang Decree of General Administration of Customs of the People’s Republic of China (GACC) No. 248 on 12 April 2021, ada kewajiban pelaku usaha yang akan ekspor ke China untuk mendaftarkan sarana produksinya ke otoritas kompeten di China. Maka dari itu kementerian/lembaga bersama asosiasi terkait sedang melakukan pembahasan untuk menyikapi implementasi peraturan ini.

1. Overseas Facilities Registration Regulation - Decree 248

• GACC Decree 248 (D248) akan mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2022.

• Mewajibkan semua produsen pangan, pengolah, dan fasilitas penyimpanan dari produk pangan yang diekspor ke China untuk didaftarkan.

• Ruang lingkup produknya mencakup semua produk pangan kecuali bahan tambahan pangan.

• Tergantung pada kategori produk, produsen pangan harus mendaftar GACC baik:

  1. Melalui otoritas yang berwenang dari negara pengekspor: daging dan produk daging, selubung sosis, produk akuatik, produk susu, produk sarang burung, produk lebah, telur dan produk telur, minyak dan lemak nabati, biji minyak, produk gandum isi, biji- bijian yang dapat dimakan, produk industri biji-bijian giling dan malt, segar dan sayuran kering, kacang kering, bumbu, kacang-kacangan dan biji-bijian, buah-buahan kering, kopi dan biji kakao yang tidak dipanggang, pangan untuk tujuan diet khusus, dan pangan untuk kesehatan. (sebelumnya hanya fasilitas luar negeri produk daging dan produk daging, produk susu, produk pangan laut, dan sarang burung walet yang wajib registrasi ke GACC via Competent Authority)
  2. Secara langsung dan/atau melalui agen swasta: selain jenis yang disebutan di atas.

• GACC melakukan evaluasi dokumen, inspeksi secara remote, dan/atau inspeksi on-site.

• Masa berlaku registrasi berlaku selama 5 tahun (sebelumnya 4 tahun berdasarkan Decree 145)

• Pelabelan produk mencantumkan nomor registrasi dari GACC atau nomor registrasi yang disetujui oleh otoritas kompeten negara pengekspor pada kemasan dalam dan luar.

2. Administrative Measures on Import and Export Food Safety - Decree 249

• GACC Decree 249 merupakan tindak lanjut dari Decree 248 yang juga akan mulai berlaku pada 1 Januari 2022.

• Setelah implementasi, akan menggantikan beberapa peraturan yang dikeluarkan oleh Administration of Quality Supervision, Inspection and Quarantine (AQSIQ) sebelumnya, termasuk keputusan AQSIQ 144 (yang mengatur impor dan ekspor daging, susu, dan produk air serta madu).

• Tindakan administratif mencakup berbagai persyaratan termasuk evaluasi dan tinjauan sistem manajemen keamanan pangan; pendaftaran fasilitas di luar negeri; tata cara pengisian dokumen oleh importir, eksportir, dan agen komersial; karantina dan pemeriksaan; pelabelan produk; dan peringatan risiko keamanan pangan. Dibandingkan dengan langkah- langkah yang saat ini berlaku, Decree 249 menyajikan perubahan besar berikut:

  1. Menekankan bahwa produsen dan operator bertanggung jawab atas keamanan produk pangan yang mereka produksi dan tangani;
  2. Memperkenalkan konsep penilaian kesesuaian, yang meliputi evaluasi sistem manajemen keamanan pangan, pendaftaran fasilitas ekspor pangan luar negeri, dan pemenuhan syarat administratif yang diperlukan oleh importir dan eksportir;
  3. Mengharuskan importir pangan untuk membuat sistem untuk meninjau pemasok mereka, termasuk eksportir luar negeri dan fasilitas produksi;
  4. Menjelaskan prosedur pemeriksaan on-site yang dapat dilakukan oleh GACC; dan,
  5. Menetapkan langkah-langkah pengendalian potensial dalam menanggapi insiden terkait pangan di luar negeri yang dapat berdampak pada keamanan pangan di China.

 

Pasal 4 Keputusan 249: produsen dan operator bertanggung jawab atas keamanan impor dan ekspor pangan yang mereka produksi dan tangani. Lebih lengkap terkait hal ini dapat disimak pada tautan berikut: https://bit.ly/211025GACCupdate Fri-27/Fri-35