Tren Konsumsi Berkelanjutan
Peristiwa besar seperti COVID-19 dan cuaca ekstrem dampak perubahan iklim baru-baru ini terkait erat dengan keberlanjutan holistik. Membangun bisnis dan masyarakat yang tangguh, menjadi semakin penting dibandingkan sebelumnya. Konsep konsumsi berkelanjutan menjadi semakin popular. Sebuah survei tren konsumen menyatakan bahwa konsumen bersedia membelanjakan uangnya 10% lebih banyak untuk pangan yang dikemas dengan bahan ramah lingkungan. Faktanya, COVID-19 telah mendorong konsumen untuk lebih memperhatikan kesehatan dan lingkungan mereka dan untuk secara aktif mencari produk yang bertanggung jawab secara sosial, serta berkolaborasi dengan mitra yang menawarkan solusi bisnis jangka panjang yang berkelanjutan. Topik yang menarik ini telah dibahas oleh GAPMMI bersama dengan Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) yang telah berkolaborasi dalam penyelenggaraan webinar “Sustainability 101: Trends, Drivers, and Why it is Important” yang telah berlangsung pada 26 Juli 2022. Dengan dihadiri oleh peserta hampir 100 orang dari anggota GAPMMI maupun pelaku UKM serta Kementerian Perindustrian dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.