08119322626/27   gapmmi@cbn.net.id  

×

Pameran Fine Food Australia: Paviliun Indonesia Tembus Transaksi USD 3,1 Juta

Pameran Fine Food Australia: Paviliun Indonesia Tembus Transaksi USD 3,1 Juta

Produk  makanan  dan  minuman  Indonesia  tampil  moncer  di pameran  Fine  Food  Australia  pada  5-8  September  2022  di  Melbourne,  Victoria,  Australia.  Pada pameran makanan dan minuman terbesar di Australia ini, produk Indonesia meraup potensi transaksi sebesar USD 3,1 juta atau lebih dari Rp46 miliar. Kementerian Perdagangan melalui Indonesian Trade Promotion  Center  (ITPC)  Sydney,  bekerja  sama  dengan  Konsulat Jenderal  Republik  Indonesia  (KJRI) Melbourne,  sukses  membuat  produk  Indonesia  mendapat  perhatian  internasional  dalam  pameran tersebut. 

Industri pangan di Australia memiliki potensi yang besar dengan total impor Australia dari  dunia  sebesar USD  6,3  miliar  pada  2021.  Indonesia  sendiri  merupakan  pemasok  peringkat  ke-9 produk  pangan  ke  Australia  dengan  nilai  ekspor  pada  2021  sebesar  USD  222,9  juta atau meningkat 18% dari tahun sebelumnya. Wakil   Kepala   ITPC   Sydney   Annisa   Puspasari   menjelaskan,   sejak   pandemi COVID-19  masyarakat Australia  semakin  peduli  dengan  kesehatan.  Selain  itu,  per  1  Juni  2022  lalu,  pemerintah  New  South Wales (NSW) sudah melarang plastik ringan sekali pakai. Per 1 November 2022, pemerintah NSW juga melarang kotak  dan  alat  makan  dari  plastik.  Pemerintah  Victoria  akan  melarang  plastik,  kotak,  dan alat  makan  plastik  mulai  Februari  2023. 

Peluang  yang  muncul  dari  kebijakan-kebijakan  tersebut  lah yang  ingin  disasar  Indonesia  dalam  memperkenalkan  produk-produk  yang menyehatkan,  berkelanjutan,  dan inovatif. “Proses seleksi ekshibitor paviliun  Indonesia  di  Fine  Food  Australia 2022  cukup  ketat  dikarenakan  kami  ingin tunjukkan kepada masyarakat Australia bahwa Indonesia memiliki produk yang menyehatkan, berkelanjutan, dan  inovatif  sesuai  dengan  tren  dan  selera  pasar  Australia.  Terbukti  selama  pameran  berlangsung, paviliun Indonesia ramai dikunjungi,” kata Annisa.

Produk-produk  yang  dipamerkan  di  paviliun  Indonesia,  antara  lain  makanan  dan  camilan  buah  yang diolah  dengan  metode  pengeringan  beku  (freeze-dried)  dari  PT  Hijaukan  Bumi  Lestari;  kemasan  dan alat  makan  yang  berkelanjutan  yang  terbuat  dari  singkong,  kayu,  bambu,  dan  kertas  beras  dari  PT Evogaia Karya Indonesia; berbagai produk berbahan kelapa dari PT Tri Jaya Tangguh; minuman vodka rasa kopi dan mohito rasa limaudari PT Mayora Indah Tbk; biskuit, kacang, dan selai dari PT Dolphin Food & Beverages Industry; serta air kelapa, mi bebas gluten, dan krimer rendah lemak yang dibawa Sony Trading Pty Ltd.