08119322626/27   gapmmi@cbn.net.id  

×

Partisipasi GAPMMI dalam Trade Expo Indonesia 2022

Partisipasi GAPMMI dalam Trade Expo Indonesia 2022

Pameran dagang internasional terbesar di Asia Tenggara, Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 kembali dilaksanakan. Pameran yang diselenggarakan secara hibrida ini berlangsung secara luring di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten pada 19-23 Oktober 2022. Sementara untuk daring, masih akan diselenggarakan hingga 19 Desember 2022. Mengusung tema “Strengthening the Global Trade for Stronger Recovery”, pameran TEI ke-37 diharapkan dapat menjadi titik balik kembalinya geliat ekonomi Indonesia dan global pascapandemi COVID-19.

Presiden RI Joko Widodo berharap target transaksi dalam pameran internasional Trade Expo Indonesia ke-37 sebesar USD 10 miliar dapat tercapai, seperti yang dilaporkan oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Meski di tengah krisis ekonomi dunia, Presiden Jokowi berpesan agar semua pihak tetap optimis dan waspada terkait ekonomi nasional ke depan. Harapan tersebut disampaikan. Sementara itu, dalam laporannya, Mendag Zulkifli Hasan mengungkapkan, TEI 2022 menampilkan produk yang terbagi dalam tujuh zona kategori yaitu manufaktur, fesyen dan aksesoris, perawatan kesehatan dan kecantikan, peralatan kesehatan, dekorasi rumah dan furnitur, produk jasa digital, serta produk pangan. TEI kali ini mendapat antusiasme yang sangat tinggi dari para eksportir. Sebanyak 795 pejuang ekspor telah menempati stan yang telah disediakan. Selain itu, sebanyak 2.288 buyer dari 176 negara telah terdaftar mengikuti pameran.

GAPMMI selaku asosiasi industri pangan terbesar di Indonesia turut berpartisipasi dalam pemeran ini. GAPMMI berkolaborasi dengan Kemendag menampilkan Paviliun GAPMMI ISUTW. Indonesia Spice Up The World (ISUTW) merupakan program bersama lintas kementerian/ lembaga untuk mendukung peningkatan kontribusi dan nilai tambah subsektor kuliner bagi perekonomian nasional. Program ini memiliki target peningkatan jumlah ekspor bumbu/rempah sebesar USD 2 miliar dan 4.000 restoran Indonesia di mancanegara pada 2024. GAPMMI selaku salah satu stakeholder telah beberapa kali melakukan kolaborasi untuk kegiatan ISUTW tersebut.

Beberapa saat setelah pembukaan TEI, Adhi Lukman Ketua Umum GAPMMI  berkesempatan menyerahkan plakat ISUTW kepada Presiden Joko Widodo didampingi Mendag Zulkifli Hasan. Paviliun GAPMMI ISUTW juga mendapat kunjungan dari Ibu Menlu Retno Marsudi, Bapak Odo R.M. Manuhutu Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenkomarvest, Bapak Suryo Pratomo Dubes RI untuk Singapura.

Selain menampilkan produknya di paviliun, peserta juga aktif mengikuti Bussiness Matching baik yang sudah diagendakan Kemendag melalui Atase Perdagangan dan ITPC dari beberapa negara. Secara langsung sebelum pelaksanaan TEI 2022, GAPMMI telah menerima permintaan Bussiness Matching dari pengusaha beberapa negara seperti Amerika Serikat, Sudan, Thailand, dan Sri Langka. Peserta paviliun GAPMMI ISUTW beberapa telah mencapai kesepakatan bisnis dengan buyer. Sedangkan potensial buyer akan ditindaklanjuti setelah pameran untuk pengiriman sample dan lainnya.